Sabtu, 07 September 2013

Cara Merawat Komputer

Dalam blog ini saya akan menjelaskan sedikit tentang komputer, sebatas pengetahuan yang saya dapatkan.
jika Anda mempunyai komputer di rumah tentunya komputer juga memerlukan perawatan agar awet dan tidak cepat rusak. Dalam perawatan komputer Anda harus berhati-hati karena komputer merupakan barang elaktronik yang rentan terhadap kerusakan. Berikut ini bagian-bagian yang perlu Anda bersihkan

  • Merawat Chasing

Chasing merupakan bagian terluar dan selalu berhubungan dengan debu, sehingga cepat kotor untuk membersihkan cukup mengelap dengan menggunakan kain lembab itu dilakukan jika debunya tidak begitu menebal dan tidak terlalu melekat. Apabila debu sangat sulit untuk dibersihkan dengan kain Anda boleh mencoba melepas semua komponen yang berhubungan dengan chasing ( ini dilakukan jika Anda sudah memahami tentang merakit komputer ), kemudian mencuci chasing dengan deterjen dan mengeringkan hingga kering.

  • Merawat bagian motherboard

Apabila ingin membersihkan motherboard kita perlu membuka casing dari komputer terlebih dahulu. Agar tidak terlalu bingung Anda harus melewati tahap pengertian terhadap merakit komputer.Cara yang baik dalam merawat motherboard yaitu memebersihkan motherboard secara berkala untuk menghilangkan debu, membersihkan cukup dengan menggunakan kuas dan jangan lupa membersihkan bagian-bagian komponen di sekitarnya.

  • Merawat bagian monitor

Merawat monitor komputer dekstop yang mempunyai layar kaca Anda cukup mengelap dengan kain lembap kemudian bersihkan dengan pembersih kaca. Lain lagi jika monitor Anda terbuat dari LCD Anda harus lebih berhati-hati karena layar jenis ini rentan terhadap benda-benda tajam, jika ingin membersihkan cukup menggunakan kain lembut dan kering yaitu dengan mengelap satu arah dan jangan terlalu menekan.


Perawatan Notebook

Notebook juga memerlukan perawatan seperti halnya komputer dekstop, pearawatan notebook harus dilakukan sesering mungkin agar menjadi lebih dan tahan lama. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat notebook

  • Perawatan chasing

Yang perlu Anda lakukan untuk membersihakan chasing notebook sama seperti komputer dekstop Anda cukup mengelap dengan kain lembut dan agak lembap atau dengan kain khusus untuk membersihkan notebook.

  • Perawatan keyboard

Untuk membersihkan keyboard Anda cukup menggunakan cutton bud yang dilembabkan dengan air. bersihkan sela-sela tombol karena keyboard sering disentuh jari, dan terkadang saat mengetik jari kita tidak selalu dalam keadaan bersih. Kemudian lap tiap-tiap tombol dengan kain kering dan halus.

  • Perawatan layar

Ketika membersihkan layar Anda harus berhati-hati karena layar notebook sangat sensitif, untuk itu Anda dapat membersihkan dengan kain halus dan kering, lalu lapkan ke layar dengan hati-hati dengan tahap mengelap satu arah. hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan layar adalah menjaga layar dari benda-benda yang tajam.

  • Perawatan Baterai

Dalam perawatan baterai anda cukup menunggu pengisian baterai hingga benar-benar penuh sebelum Anda menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar